Mendulang Ilmu dari Grup WA

Assalamu’alaikum..

Halo semuanya, apa kabar? Semoga sehat-sehat semua ya? Kali ini saya mau share tentang grup WA (WhatsApp) yang saya (mbakdina.com) ikuti. Kebetulan kemarin ada yang WA saya, dan menanyakan tentang grup-grup WA, katanya dapat nomor WA saya dari blog ini. Disitu saya merasa bahagia, iya bahagia saya memang sederhana banget, hihi.

WA ini merupakan salah satu aplikasi chatting yang must have banget bagi saya, karena memang rata-rata teman dan keluarga saya banyak yang menggunakan WA. Ditambah lagi saya mengikuti beberapa kelas online yang memang menggunakan WA sebagai media belajar maupun komunikasinya. Ibaratnya mah bagi saya nggak masalah kalau nggak instal aplikasi Line, BBM, Telegram, Kakao Talk, dan lain-lain, asalkan aplikasi WA bisa terinstal, hehe.

Baca juga: Review Kelas Online Gratis

Menurut saya, grup WA itu ada yang penting dan ada juga yang kurang penting. Grup WA yang penting menurut saya itu grup WA yang bersifat edukatif, menyambung silaturahim, dan sejenisnya. Sedangkan yang nggak penting itu ketika grup WA-nya tidak terarah dan hanya berisi haha hihi saja yang menyebabkan kita terlalai dengan lingkungan sekitar atau bahkan terlalai dengan kewajiban-kewajiban dan tugas-tugas kita.

Pernahkah teman-teman menemui grup WA yang tidak terarah? Saya pernah dan waktu itu kondisinya handphone saya nge-hang karena kepenuhan chat (scara waktu itu masih menggunakan handphone jadul yang memory RAM-nya cuma 256 MB). Kebayang kan gimana bete-nya setiap mau buka WA, si handphone error gara-gara kepenuhan chat dari grup gaje (nggak jelas) tersebut? Dan akhirnya saya left dari grup tersebut, hehe.

Nah, kali ini saya mau ngejembrengin grup-grup WA yang pernah dan sedang saya ikuti, total ada sebanyak 35 grup WA, masyaAllah lumayan banyak juga ya, hihi. Saya kategorikan saja ya supaya mudah menemukan informasinya dan nggak bingung bacanya, hehe.

  1. Grup WA Edukatif

Maksudnya segala grup WA yang bersifat mengedukasi, termasuk di dalamnya grup kelas-kelas online yang saya ikuti:

a. Grup Kelas Online

  • Halaqah Silsilah Ilmiyah (HSI) Abdullah Roy

HSI Abdullah Roy

HSI Abdullah Roy merupakan salah satu media untuk belajar Islam secara bertahap (silsilah), sistematis, dan terukur yang diasuh langsung oleh Ustadz Abdullah Roy, MA. Metode pembelajaran di HSI ini dilakukan secara online berbasis WA dan web di http://www.HSI.abdullahroy.com. Grup HSI ini terdiri dari grup materi dan juga grup diskusi.

  • MAHAZI (Ma’had Haji dan Ziarah) Abdullah Roy

Grup ini sebenarnya ditujukan bagi yang hendak menunaikan ibadah haji maupun umrah tahun ini. Meskipun demikian, Alhamdulillah saya bersyukur karena tetap diberi kesempatan untuk bisa belajar di MAHAZI. Motivasi saya mengikuti grup ini agar kita bisa mengetahui bagaimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bermanasik, karena jujur semenjak SD hingga kuliah saya masih bingung dengan urutan dan tatacara manasik haji dan umrah. Mungkin karena belum belajar dengan intens dan belum mengaplikasikannya secara langsung, jadi belum ada bayangan sama sekali. Alhamdulillah dengan ikut grup ini insyaAllah menjadi lebih tercerahkan. Sama seperti HSI Abdullah Roy, Mahazi ini juga berbasis web (www.haji.abdullahroy.com) dan WA. Grup Mahazi ini juga terdiri dari grup materi dan grup diskusi.

  • Belajar Fiqh Syafi’i

Belajar fiqh syafii

Grup ini merupakan wadah untuk belajar tentang Fiqh Imam Syafi’i, terutama yang membahas tentang Fiqh selama bulan Ramadhan yang dibina oleh Ustadz Muhammad Abu Rivai. Proses pembelajaran Fiqh Syafi’i berbasis grup WA, yang terdiri dari grup materi dan diskusi.

  • BISA (Belajar Ilmu Sharaf)

Belajar ilmu sharaf bisa

BISA merupakan wadah untuk belajar bahasa Arab khususnya tentang ilmu sharaf (ilmu yang mempelajari tentang perubahan bentuk-bentuk kata dalam bahasa Arab). Pembelajaran dilakukan melalui grup WA baik grup diskusi maupun grup materi. Setelah lulus dari BISA, kami para alumni tergabung di grup BISA Materi dan BISA Alumni.

  • JODOH (Just One Day One Hadith)

Hadits jodoh

Jodoh merupakan wadah untuk menghafal hadits-hadits pendek. Pembelajaran juga dilakukan melalui grup WA dengan saling mengkoreksi hafalan hadits melalui voice note. Program Jodoh memiliki 3 level, masing-masing level berisi 100 hadits pendek. Jodoh terdiri dari grup WA materi dan grup kelas.

  • BETAH Akhowat (Belajar Tauhid)

Betah belajar tauhid

Betah merupakan kelas online untuk belajar Tauhid bagi pemula. Dibina oleh Ustadz dr. Raehanul Bahraen. Pembelajaran program BETAH dilakukan via web (untuk materi-materi tambahan) dan via grup WA yang terdiri dari grup materi dan grup kelas (grup diskusi).

  • Qur’an Halaqa

Quran-mn

Kayaknya kalau bahas ini bakalan panjang karena belum saya review di blog, hehe. Ini merupakan grup WA yang dibuat oleh salah seorang peserta program belajar tahsin al-Qur’an dari masjid Nabawi. Tujuannya agar kami bisa saling berdiskusi satu sama lain mengingat selama kelas berlangsung sayang rasanya jika dipakai untuk berdiskusi. Teman-teman bisa mendaftar di http://www.quran-mn.com/en/ karena sepertinya kita bisa mendaftar kapan saja.

Pembelajaran dilakukan dengan aplikasi Virtual Classroom (Wiziq). Terdapat 3 kelas yang bisa kita pilih, yaitu kelas belajar membaca Al-Qur’an, kelas menghafal, dan kelas untuk membetulkan hafalan al-qur’an (bagi yang sudah hafizh/hafizhah), masing-masing kelas terdiri dari kelas untuk laki-laki dan perempuan (terpisah). Ada 6 pilihan waktu, yaitu setelah shubuh, jam 8 sampai 11 pagi, dzuhur (jam 11 pagi), ashar, maghrib, dan isya’ (ini mengikuti waktu Madinah ya, GMT +3, jadi bisa teman-teman sesuaikan sendiri waktu yang paling tepat).

Program ini menurut saya recommended banget, sayang saya belum bisa lanjut lagi karena kuota internet terbatas (padahal pingin banget meneruskan belajar disana, mengingat masih banyak banget salah makhraj/tempat keluar huruf). Peserta program ini (dalam hal ini kelas yang saya ikuti) berasal dari seluruh dunia, ada yang dari Indonesia, Singapura, Filipina, Bangladesh, India, Afrika Selatan, USA, Dubai, Swedia, Nigeria, Arab Saudi, hingga Perancis. Seru banget pokoknya belajar disini. Berharap semoga suatu saat saya bisa ikutan lagi, karena memang sayang banget kalau berhenti di tengah jalan.

  • Al Fawaid Al Ilmiyah

Al fawaid al ilmiyah ustadz Badrussalam

Al Fawaid Al Ilmiyah merupakan grup WA yang dibina langsung (dengan melalui admin, sih) oleh Ustadz Badrussalam, Lc. Materi yang disampaikan antara lain Pokok-Pokok Manhaj Salaf (Kitab Ushul Manhaj Salaf) pada hari Senin, Jalan Untuk Sampai (Kitab Thariqul Wushul) pada hari Selasa, Ensiklopedia Fiqh (Kitab Mausu’ah Muyassaroh) pada hari Rabu, Perangai-Perangai Jahiliyah (Kitab Masaail Jaahiliyyah) pada hari Kamis, dan Meluruskan Kesalahan-Kesalahan Seputar Doa dan Dzikir (Kitab Tashihuddu’a) pada hari Jum’at. Materi disampaikan dalam bentuk tulisan dan juga audio. Terdapat 2 grup WA, yaitu grup materi dan juga grup untuk bertanya ke Ustadz.

  • Kumpulan Artikel Ruqyah

Ruqyah sesuai Sunnah

Ini grup buatan kakak kandung saya. Sesuai judulnya, grup ini berisi tentang berbagai artikel tentang ruqyah yang insyaAllah sesuai dengan sunnah nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam.

  • Aceh Babywearers, Medan Babywearers, dan Yogyakarta Babywearers

Indonesian Babywearers

Iyes, saya join sampai 3 grup WA yang membahas tentang gendongan dan cara menggendong yang baik dan benar, wkwk. Grup-grup WA ini merupakan grup regional (daerah) yang bermuara ke grup FB Indonesian Babywearers. Buibu udah pada join grup FB-nya belum? Kalau belum join aja ya, karena insyaAllah bermanfaat dan edukatif. Alhamdulillah saya sudah join sejak masa galau-galaunya beli gendongan, tepatnya sekitar akhir tahun 2015 kalau nggak salah, waktu itu membernya hanya sekitar 300-400 an orang saja dan sekarang membernya sudah mencapai 18 ribu an, amazing! Asal jangan terjebak dalam rabbit hole ya, kasihan suaminya nanti ngelus dada melulu karena sebentar-sebentar beli gendongan, hihi.

Untuk yang Aceh Babywearers ini masih baru dirintis. Bagi teman-teman yang domisili di Aceh dan ingin bergabung, silahkan klik link berikut ini ya: http://www.bit.ly/AcehBabywearers . Setelah mengisi form, nanti akan ada link yang bisa digunakan untuk bergabung di grup WA. Alasan ikut grup ini karena saya domisili di Aceh (walaupun kemungkinan ikut meet up-nya bakal tipiiiisss banget, mengingat saya berada di Aceh yang paling ujung a.k.a perbatasan dengan Sumatera Utara).

Karena alasan itu pulalah akhirnya saya join Medan Babywearers. Soalnya KTP saya juga KTP Medan. Dan perjalanan dari Aceh Tenggara ke Medan itu lebih masuk akal (dan lebih murah), yaitu 8 jam perjalanan darat daripada perjalanan dari Aceh Tenggara ke Banda Aceh yang memakan waktu tempuh hingga 20 jam!

Sedangkan alasan join Yogyakarta Babywearers supaya kalau mudik ke Jogja dan bertepatan dengan jadwal meet up saya bisa ikutan. Selain itu disana juga banyak info-info tentang Jogja yang mungkin saya udah ketinggalan info banget, misalnya info tentang event ibu-ibu (seminar dan sejenisnya ya, bukan arisan ;p), info tentang dokter anak, rumah sakit, obat-obatan, dan lain-lain. Jadi sayang rasanya kalau mau left, tapi sepertinya bakal left sih, mengingat banyak warga Jogja yang mau join dan kuota WA grup cuma untuk 256 nomor. Ditambah lagi pak suami kadang protes karena saya kebanyakan ikut grup, apalagi sama-sama grup tentang gendongan, “kenapa nggak ikut salah 1 aja?” wkwk.

2. Grup Silaturahim

  • Grup Wisma Muslimah Yogyakarta

Wisma muslimah ypia

Ini merupakan grup yang berisi seluruh anggota wisma muslimah yang berada di Pogung, Yogyakarta (baik alumni maupun yang masih tinggal di wisma). Anggota grupnya saat ini sudah mencapai 130 orang, masyaAllah. Wisma Muslimah ini terdiri dari Wisma Raudhatul Ilmi 1 (kos-kosan saya saat kuliah dulu), Wisma Raudhatul Ilmi 2, Wisma Hilyah, Wisma Qaanitah, dan yang terbaru, Wisma Humaira.

Saat saya disana, wisma merupakan rumah ternyaman dan terindah bagi saya, MasyaAllah. Kekeluargaannya dapet, kebersamaannya dapet, belajar kuliah dan agamanya dapet, persahabatannya dapet. Pokoknya Alhamdulillah nggak pernah menyesal rasanya tinggal di wisma. Tetangga sekitar juga baik-baik banget. Sampai sekarang pun rasanya kangen banget sama kehidupan di wisma dulu. Orang-orangnya super care, ketika kita sakit dijengukin, bahkan saya pernah dipanggilin ambulan waktu saya sakit (walaupun waktu itu akhirnya saya nggak mau sih karena nggak ada uang ;p, padahal ambulan udah di depan wisma).

Dengan saya join grup ini saya merasa bisa lebih dekat dengan mereka, dan rasanya jadi semakin kangen sama wisma. Selain itu info-info yang di share di grup ini juga bermanfaat banget. Dan senang aja karena di grup ini dilarang jual beli, jadi bagi saya yang dasarnya nggak terlalu suka beli ini itu (asal nggak ditawarin ;p) berasa lebih adem aja, hehe.

  • Sharing Bermanfaat

Grup wa sharing bermanfaat

Grup ini dibuat oleh salah satu akhwat senior yang dulunya juga pernah tinggal di wisma. Membernya rata-rata adalah beberapa akhwat wisma dan non wisma yang pernah tinggal di Jogja. Hampir sama dengan grup wisma, tujuan mengikuti grup ini adalah supaya mendapat info-info yang bermanfaat dan menyambung silaturahim. Selain itu, jika ingin diskusi atau meminta saran terkait keluarga (anak, rumah, tetangga, dan lain-lain) lebih nyaman di grup ini, karena rata-rata member grup ini sudah berkeluarga, beda dengan grup wisma yang beberapa membernya masih kuliah dan belum menikah.

  • Mbakdina.com

Grup wa MbakDina.com

Masuk ke kategori silaturahim nggak ya?wkwk. Ini sebenarnya bukan grup sih, tapi lebih ke back up-an draft tulisan-tulisan sebelum akhirnya dimuat di mbakdina.com atau berupa tulisan-tulisan​ yang terkait dengan kepenulisan. Karena kalau nge-draft di HP saya lebih nyaman mengetiknya di WA daripada di aplikasi word/document maupun di telegram. Anggotanya hanya saya dan suami saya saja, hihi.

3. Grup Lain-Lain

Lain-lain disini maksudnya grup yang tidak masuk kedalam dua kategori diatas ya. Diantara grup yang saya ikuti adalah:

  • Grup tentang umrah (semoga dengan join grup ini Allah mudahkan langkah kami untuk bisa berumrah sekeluarga, Aamiin yaa Rabb)
  • Grup Jual Beli Gendongan (Grup ini sebenarnya untuk yang berdomisili di Malaysia, tapi saya sengaja menyimak sekaligus untuk belajar bahasa Melayu, karena sepertinya kalau mudik ke Jogja, pulangnya akan sering lewat Kuala Lumpur supaya bisa menghemat biaya tiket pesawat ;p)

Baca juga: Mudik Asyik a la Backpacker

Baca juga: Pengalaman Pertama Ke Luar Negeri

  • Grup Buzzer (Beberapa waktu yang lalu saya pernah ikut nge-buzz tentang suatu jasa bersama beberapa blogger yang lain dan masih belum left sih dari grupnya, masih menunggu saat yang tepat, halah)
  • Grup kantor suami (karena suami beberapa kali berkomunikasi dengan orang kantor menggunakan nomor saya, alhasil nomor saya dimasukkan ke grup WA kerjaan kantor (sampai saat ini ada 2 grup WA yang masih aktif))

4. Terminated Grup

Maksudnya grup-grup WA yang saya sudah left atau memang pembahasannya telah selesai, diantaranya:

  • Bersama Menuju Surga (Grup Materi dan Diskusi)

Grup ini membahas tentang Fiqh (lengkap) Madzhab Syafi’i yang juga diampu oleh Ustadz Muhammad Abu Riva’i. Karena grup ini sudah selesai, makanya saya left, tapi memang grup materinya tidak saya hapus, karena ada banyak sekali audio kajian yang sayang kalau dihapus begitu saja. Ada yang belum didownload juga sih nunggu Wi-Fi ;D

  • Mushafah (Level 1 dan 2)

Ini merupakan grup untuk menghafal Qur’an. Saya hanya mengikuti yang level 1. Sebenarnya sudah naik dan masuk ke level 2, tetapi qaddarullah di level 2 ini ternyata hafalan qur’an kita disimak dan dikoreksi langsung oleh (((ustadz))) alias didengar sama laki-laki, saya yang dasarnya pemalu jadi memilih untuk mundur teratur, hehe. Scara ngaji di rumah pas ada tetangga (laki-laki) aja malu, apalagi via voice note yang volume suaranya bisa digedein dan didengar siapa saja. Ini in my point of view ya. Kalau teman-teman ada pandangan lain, monggo, dan nggak perlu diperdebatkan, okay?^^

  • Best Bunda

Ini sebenarnya grup WA yang lebih tepat ditujukan untuk bumil atau busui yang baby-nya masih kecil-kecil dan imut-imut. Sayanya sih yang salah tempat, baby Alhamdulillah udah gede masih aja kepingin ikutan join grupnya, wkwk. Karena chat kepenuhan dan banyak buibu yang ‘rebutan’ saling upload foto anaknya di grup, saya akhirnya juga mundur teratur, hihi.

  • Kompetisi Peremakkan 6

Bersyukur sih sempat ikut grup ini. Grup ini berisi pertanyaan dari para member seputar kompetisi peremakkan yang kerap terjadi dan kemudian dijawab oleh Ibu Jayaning Hartami. Karena pertanyaan-pertanyaan sudah dijawab dan sudah tidak ada aktivitas lagi di grup, akhirnya saya left juga, hehe.

  • Grup kantor suami

Ada 2 grup kantor suami di handphone saya dan Alhamdulillah pekerjaan kantor tersebut sudah selesai, jadi bisa left grup ;p

Waaahh, ternyata kalau dijembrengin satu-satu banyak dan panjang juga ya? 😮

Tapi memang niatnya sengaja saya jembrengin sih, supaya ada bukti, soalnya katanya kan no bukti = hoax ;D. Eh bukan itu sih sebenarnya alasannya. Untuk grup yang bersifat edukatif ini sengaja saya jembrengin supaya bisa jadi bahan pertimbangan kalau ada yang sedang cari-cari dan ingin mendaftar kelas atau sekolah online GRATIS. Soalnya dulu ketika saya suntuk di rumah dan ingin mengoptimalkan otak biar nggak tumpul (baca: mengangkat kebodohan) agak-agak kesulitan saat mencari pendaftaran berbagai kelas online, huhu.

Dari menulis artikel ini saya juga jadi kepikiran untuk membuat grup WA yang berisi info-info pendaftaran berbagai kelas online dan diutamakan yang gratis. Bagi yang mau bergabung ​di grup WA-nya silahkan klik link berikut ini ya http://www.bit.ly/WaMbakdina (khusus perempuan). Bagi yang mau join saja. Dan seperti yang saya kemukakan diatas, grup ini sih pinginnya hanya untuk share info-info kelas online saja jadi semoga nggak menuh-menuhin chat di WA teman-teman. Feel free to join ya (nggak join juga gapapa, hehe).

Well, sudah 2300-an kata nih. Saya cukupkan sekian dulu ya. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata^^. Nah, kalau menurut teman-teman, seberapa penting sih grup WA di handphone teman-teman? Dan sudah tergabung dalam berapa grup WA? Share yuk^^

Salam,

•Dina Safitri•


Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Pertama Aida, Serba-Serbi Grup WA #Serbaserbigrupwa #GApertamaAida

Giveaway serba serbi grup wa

 

Advertisements

6 thoughts on “Mendulang Ilmu dari Grup WA

    1. Iya mba, alhamdulillah, semoga hp-nya kuat ;D. Betul mba, niat saya ikut banyak grup memang karena pingin bisa belajar meskipun hanya dari rumah dan alhamdulillah grup2 belajar itu biasanya nggak boleh share di luar materi/pembahasan jadi insyaAllah lebih aman dr hoax, walapun kadang tetap dapet sih berita2 hoax dr grup lain, memang plus minus ya mba? Hihi

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s