7 Tips Agar Traveling Semakin Hemat

Kata siapa traveling itu mahal?

Sebagian dari kita mungkin masih beranggapan bahwa traveling itu mahal. Itu mungkin dulu. Sekarang, sudah banyak sekali agency dan perusahaan yang memberikan begitu banyak promo dan penawaran menarik yang menjadikan traveling menjadi hemat, lebih mudah, murah, dan meriah . Apalagi kalau sudah tahu bagaimana tips dan tricksnya supaya bisa hemat ketika traveling. Bisa-bisa yang ada kamu akan ketagihan untuk traveling lagi dan lagi. Dan tanpa disadari tahu-tahu jatah cutimu sudah habis dan paspormu sudah penuh dengan cap.

Yuk simak 7 tips berikut ini agar travelingmu menjadi semakin hemat.

     1.     Planning

#Travelinghemat
Sumber: consult4sales (dot)com

Perencanaan itu sangat penting dan dianjurkan untuk dibuat jauh-jauh hari sebelum traveling. Ada baiknya juga jika kamu membuat itinerary (rencana perjalanan), supaya perjalananmu lebih terarah dan terukur, misalnya dengan menentukan destinasi pilihan serta obyek-obyek wisata yang akan dikunjungi, memperkirakan lamanya perjalanan, transportasi yang akan digunakan, penginapan, serta besarnya biaya yang dibutuhkan.

Dan yang tak kalah penting adalah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan, misalnya surat ijin cuti jika kamu bekerja di kantor dan harus mengambil cuti, serta paspor dan visa yang diperlukan jika kamu akan keluar negeri.

     2.     Hunting Tiket Pesawat Promo

Tiket pesawat dengan harga promo tentu lebih hemat. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan tiket promo, jangan lupa untuk selalu mengupdate informasi promo dari maskapai-maskapai penerbangan yang ada. Biasanya tiket promo ini tersedia jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, misalnya 3 bulan atau bahkan 6 bulan sebelum terbang. So don’t miss it ya!

Selain itu, jika kita tidak berencana membawa banyak barang, ada beberapa maskapai yang menjual tiket tanpa bagasi. Tentu harga tiket dengan tanpa bagasi akan lebih murah.

Namun yang perlu kamu perhatikan, jangan sampai ada barang-barang yang tidak boleh masuk kabin ikut terbawa pada tas dan kopermu.

     3.     Booking Hotel

Sebelum traveling ada baiknya juga kamu telah booking hotel yang sesuai dengan standarmu. Ini sangat penting demi menjaga kenyamanan serta menjadi tempat melepas penat kamu selama traveling. Booking hotel bisa dilakukan 1-2 minggu sebelum keberangkatan, bisa juga jauh-jauh hari. Namun kurang dianjurkan untuk booking last minutes, karena belum tentu menjamin ada kamar yang tersedia. Kalaupun ada, biasanya harganya sudah mahal.

Kamu bisa booking hotel di www.zenrooms.com, jika ingin mendapatkan hotel dengan harga yang murah (hotel-hotel di Zen Rooms lebih murah 40-60% dari harga standar hotel) dengan fasilitas mewah (kamar yang bersih, kasur yang nyaman, AC, akses Wifi yang kencang, serta kamar mandi berada di dalam).

Baca Juga: My Zenoliday, Penyelamat Kantong Dikala Liburan

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemesanan via aplikasi. Hanya tinggal download dari Play Store secara gratis.

#TravelingHemat
Tampilan Aplikasi Zen Rooms

Zen Rooms sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Bali, Batam, Surabaya, Lombok, Makassar, dan Pulau Bintan. Tidak hanya di Indonesia, bahkan kamu bisa booking Zen Rooms di Malaysia, Singapore, Thailand, Filipina, Sri Lanka, hingga Brazil. Dan pastinya coverage area Zen Rooms akan terus bertambah, karena hotel budget yang high quality seperti Zen Rooms ini menjadi incaran para budget traveler dari seluruh penjuru dunia.

#TravelingHemat
Salah Satu Kamar Zen Rooms di Bali. Bagus kan? Sumber: disini

Dijamin kamu tidak akan menyesal, karena setiap kamar yang ditawarkan di Zen Rooms telah teraudit dan terstandardisasi secara berkala. Selain itu juga banyak promo yang ditawarkan oleh Zen Rooms.

Saya sendiri telah membuktikannya berkali-kali, dan sangat puas dengan pelayanan yang saya dapatkan ketika menggunakan Zen Rooms.

Bagi yang mau dapat potongan harga di Zen Rooms, silahkan masukkan kode voucher ZENWIDYA ya sebelum ke halaman pembayaran.

     4.     Belajar

Yap, benar sekali. Supaya travelingmu menjadi nyaman dan bebas hambatan, ada baiknya kamu telah mempelajari seluk beluk tempat tujuan travelingmu, terlebih lagi jika ini kunjungan pertamamu dan tidak ditemani oleh tour guide atau orang yang sudah mengerti lokasi tujuanmu.

Belajar itu bisa bermacam-macam caranya, bisa dengan membaca dari buku, blog, atau situs-situs terpercaya, mempelajari peta tujuan traveling (umumnya kamu bisa mendapatkan peta beserta informasi tempat wisata secara gratis di bagian Informasi tempat kedatangan, baik di bandara, terminal, maupun stasiun), atau bisa juga dengan belajar dari pengalaman orang lain.

Hal-hal yang setidaknya perlu kamu pelajari atau pahami misalnya, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, supaya jangan sampai kita terkena denda atau ‘hukuman sosial’ dari masyarakat setempat, ada baiknya juga kita sedikit banyak mengetahui range harga makanan dan atau oleh-oleh dan juga tarif untuk masuk ke suatu tempat wisata. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjebak scams atau tertipu.

     5.     Gunakan Transportasi Umum

Salah Satu Transportasi Umum di Phuket, Thailand. Sumber: thephuketnews (dot) com

Kalau kamu ingin travelingmu menjadi hemat, jangan ragu untuk menggunakan transportasi umum. Selain lebih menghemat karena harganya lebih murah atau bahkan gratis, kita juga bisa berbaur dengan masyarakat setempat, memperhatikan budaya serta bahasa mereka secara langsung. Dengan transportasi umum kita juga bisa berkeliling daerah yang kita kunjungi dan mengeksplor setiap sudut kota.

   6.     Bawa Bekal Makanan

#TravelingHemat
Contoh Makanan Tinggi Kalori. Sumber: media (dot) backpacker (dot) com

Bekal ini sangat berguna sekali untuk sekedar mengisi perut ketika lapar melanda saat traveling. Terutama jika kamu traveling ke luar negeri yang disana harga makanan cukup mahal dan atau kamu merasa khawatir akan kehalalannya. Bekal bisa berupa roti, mi instan cup, bubur instan, abon, frozen food yang sudah digoreng, dan makanan-makanan tinggi kalori yang lainnya.

     7.     Paket Telepon dan Internet

Tips ini khusus untuk kamu yang akan traveling ke luar negeri. Sebenarnya membeli kartu di Negara tujuan untuk telepon dan paket internet ini tidak terlalu urgent, karena kamu masih bisa memanfaatkan free wi-fi dari hotel maupun tempat umum lainnya untuk berkomunikasi. Namun jika kamu ingin tetap membeli kartu selama traveling, jangan lupa untuk mencari informasi tentang sarana telekomunikasi yang menurutmu paling sesuai.

Yang perlu diperhatikan, sebaiknya jangan mengaktifkan paket internet, menerima, ataupun melakukan panggilan dengan kartu yang kamu bawa dari Indonesia, karena akan terkena biaya roaming yang cukup mahal.

Sekian tips traveling hemat a la saya. Jadi percaya kan kalau jaman sekarang ini traveling sudah bukan ‘barang’ mahal lagi?

Happy traveling and have a pleasant trip!

Salam,

♥aDina Safitri♥


Blog competition-png

Tulisan ini diikutsertakan pada Zen Rooms Blog Competition yang berlangsung pada 23 September 2016 – 23 Oktober 2016. Tulisan ini merupakan karya pribadi, orisinil, dan bukan jiplakan dari karya orang lain.

Advertisements

33 thoughts on “7 Tips Agar Traveling Semakin Hemat

  1. traveling itu bikin ketagihan.. aku sjk ngerasain bareng suami 6 thn lalu, jd ga bisa berhenti sampe skr.. tiap thn kita pasti jalan ke negara2 baru yg blm pernah aku dtangin.. caraku hampir sama kyk diatas mba, beda2 dikit,, kalo utk tiket pesawat, itu srgnya kita beli jauh2 hari, malah kdg setahun sebelumnya.. krn memang jauuuuuuh lbh murah.. 🙂 ..aku palingan ga bisa hemat di penginapan ama makanan.. krn kita berdua suka nyobain kuliner2 aneh dan ga biasa.. penginapan juga aku picky sih.. jd terkadang pengeluaran besar kita ya di akomodasi dan makanan ini 😀

    Like

    1. Sama mba. Saya jadi suka traveling gara-gara ketularan suami. Tapi belum ke yang jauh-jauh sih. Bener mba, kami biasanya juga issuesmd tiket pesawat jauh2 hari. Cuma kalau penginapan kami prinsipnya asal nyaman aja asalkan bukan dorm udah ok, hihi. Makasih udah mampir 😉

      Like

  2. Traveling mah kayaknya perlu slalu dijadwal ya buat recharge hehehe. Mau bagi tips nih yang mau booking di zenrooms ,saya booking selalu pake kodepromo INDONESIA jadi murah banget. Gak pake minimum pembayaran. Paling pewe buat kmrn kumpul2 ma temen. Hemat xixi

    Like

  3. Bekal makanan iya banget sih mbak..pas ortu dinas ke luar negri juga cerita harga makanan disana lebih mahal dan kadang belum tentu cocok juga dengan selera lidah orang indonesia hehehhe. Salam kenal mbak 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s